Ini Dia Sumber Penyakit di Dalam Hunian yang Sering Terabaikan - Synthesis Homes

Ini Dia Sumber Penyakit di Dalam Hunian yang Sering Terabaikan

Jangan terlalu percaya diri dengan hunian Anda yang tampak bersih dan rapi. Karena ternyata banyak benda di tempat tinggal Anda yang rawan menjadi sumber penyakit. Mari kita telisik satu per satu.

Pendingin ruangan

Tak hanya menjadi penyumbang tagihan listrik terbanyak, Air Conditioner (AC) juga penyumbang penyakit. AC yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang jamur berbahaya bagi kesehatan Anda. Bersihkan AC secara rutin untuk menjaga kebersihannya.

Lemari pendingin

Tidak hanya rak dan laci kulkas yang harus Anda cuci dan bersihkan secara rutin, tapi juga bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Jika tidak maka bisa menjadi sarang bakteri E.coli, salmonella, dan lain-lain yang bisa meracuni makanan dan membahayakan kesehatan kita.

Alat kendali jauh

Terlalu sering berpindah tangan atau tergeletak di lantai, sofa, dan bantal tentu saja bisa membuat remote control rentan terkontaminasi kuman. Cara mencegahnya, selalu cuci tangan dengan sabun setelah dari toilet dan bersihkan selalu secara rutin remote control dengan alkohol.

Sprei

Sprei bisa menjadi markas tungau debu. Di atas sprei itu pula manusia meninggalkan kulit mati yang terjadi setiap hari dan menjadi bahan makanan utama bagi tungau. Selain tungau, kotoran tungau dan mikroorganisme lain di permukaan sprei dapat menjadi penyebab penyakit seperti eksim, alergi, iritasi kulit, dan sebagainya. Jadi, pastikan selalu mencuci sprei dengan air hangat secara rutin.

Produk pembersih

Sebagian produk pembersih rumah mengandung bahan kimia sintetis yang dapat memicu masalah kesehatan. Ganti pembersih kimia dengan bahan-bahan alami seperti lemon, cuka apel, soda kue, dan lain-lain yang aman bagi kesehatan.

Keset kamar mandi

Ini sering luput dari perhatian kita. Kita sering membiarkan keset basah mengering dengan sendirinya. Padahal waktu proses mengering yang cukup lama itu berpotensi membuat jamur dan bakteri berkembang. Untuk mengurangi potensi itu, kurangi tingkat kebasahan kaki Anda lebih dulu di kamar mandi sehingga waktu mengeringkan di keset tidak terlalu basah kuyup. Jangan lupa cuci bersih keset beberapa kali sebulan.

Sepatu

Hindari mengenakan sepatu di dalam rumah, apalagi jika sepatu itu habis digunakan di luar. Studi di University of Houston menemukan bakteri C.diff yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti diare hingga infeksi fatal. Maka, tinggalkan sepatu di luar atau disimpan di rak khusus sehingga tidak mengotori ruangan. Juga, ketika bepergian, pastikan sepatu tidak menyatu dengan barang-barang lain untuk mencegah perpindahan bakteri.

Spons cuci piring

Sebagai piranti pembersih, spons ternyata menjadi sumber utama penyakit. Sebuah penelitian dari badan kesehatan NSF Internasional di AS menemukan, 75 persen spons sampel penelitian mengandung bakteri salmonella, E.coli, campylobacter, dan staphylococcus. Semua itu dapat menyebabkan infeksi usus dan kulit. Solusinya, ganti spons setiap bulan, dan selalu cuci bersih setiap kali usai digunakan untuk mencuci perkakas dapur.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us
Calls
Email
Whatsapp